Kenali Diri Lewat Ular Tangga PADEDI

 



Saat ini mungkin tidak sedikit anak yang sering merasakan insecure. Atau merasa minder ketika bergaul dengan teman-temannya. Kurang percaya diri ketika tampil di depan umum karena tidak pede dengan fisiknya, dan atau berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya. Sehingga dalam proses belajar di sekolah, seringkali menemukan hambatan seperti sulit bersosialisasi, sulit dalam menyelesaikan konflik, serta masalah lain yang menghambat perkembangan siswa selama belajar di sekolah.

Layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah yang memiliki fokus layanan salah satunya dalam aspek pribadi dan sosial, menjadi salah satu layanan pendidikan yang akan mampu meningkatkan keterampilan pengembangan pribadi dan sosial siswa.

Metode Game Based Learning dalam layanan BK akan memudahkan Guru BK dan siswa untuk sama-sama berinteraksi dalam memahami konteks materi pribadi sosial. Salah satunya adalah melalui Games Ular Tangga PADEDI (PAham DEngan DIri). 

Ular tangga PADEDI memiliki kotak warna yang berbeda setiap petaknya. berikut adalah penjelasannya :

a.     Petak Hijau Tua (Konsep Diri) : Siswa menjawab pertanyaan yang ada di petak (sharing grup) dan yang lain boleh menggali dari jawaban siswa.

b.     Petak Kuning (Keterampilan Sosial) : Siswa ditantang untuk berani menyapa dan bersosialisasi dengan siswa dan guru juga membagikan pengalaman menarik dan terburuknya.

c.     Petak Merah (Physical Activity) : Untuk menyegarkan permainan dan menghilangkan jenuh, siswa ditantang untuk mengikuti tantangan yang ada dalam petak tersebut untuk diikuti dengan tujuan rileks dan siap menghadapi petak berikutnya.

d.     Petak Biru Muda (Relasi Lingkungan) : Siswa harus menjawab salah satu dan menjelaskan alasannya. Tujuannya untuk menggali relasi siswa dengan keluarga, diri sendiri, dan lingkungan sekitarnya.

e.     Petak Biru Tua (Orientasi Karir) : Siswa menjawab pertanyaan yang ada dalam petak beserta alasannya dengan tujuan mengetahui rencana pendidikan, dan jangka panjang siswa.

f.        Petak Hijau Muda (Refleksi) : Siswa menjawab pertanyaan refleksi dan menjadi bagian akhir dari proses permainan.

 Untuk permainan ini diperlukan satu papan Ular Tangga PADEDI, Satu buah dadu (boleh dadu dari kertas karton), selembar kertas dan alat tulis, serta bintang dengan nama sebagai pionnya. 

cara bermainnya sama seperti aturan main ular tangga pada umumnya, hanya saja ada tantangan-tantangan yang tersedia dalam petak tersebut. 

Nah, kurang lebih itu segmentasi petak permainan dalam Ular Tangga PADEDI. Ingin mencoba bermain bersama siswa dengan Ular Tangga PADEDI? 

Bisa tuliskan emailnya di kolom komentar ini ya untuk dikirimkan filenya :)
Terimakasih :)

Selamat Bermain!

Komentar

  1. terimakasih pak sharingnya, kalau berkenan saya ingin mencoba permainan ini di kelas😃

    BalasHapus
  2. wah keren sekali pak ide kreatifnya menggunakan permainan sbagai BK. saya jg mau filenya pak. email saya fairuzzakiyah50@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih bu, sudah terkirim ya. semoga bermanfaat :)

      Hapus
  3. Wah menarik sekali pak kebetulan saya lagi butuh ide yang menarik ketika memberikan layanan klasikal bagi siswa/siswi kalau berkenan pak saya boleh minta filenya 🙏e-mail saya daryanie280@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah baik bu, sudah dikirim yaa. semoga bermanfaat :)

      Hapus
  4. Wah kreatif sekali pak. Kebetulan saya membutuhkan ide yang menarik ini terkhusus untuk siswa siswi baru. Jika berkenan, saya boleh minta file nya pak 🙏 emailnya itsnahasni@gmail.com
    Terimakasih 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih bu, filenya sudah dikirim yaa.. semoga bermanfaat :)

      Hapus
  5. Haturnuhun kang elmuna..
    Ini emailnya wiwitrahayumts1pnd@gmail.com

    BalasHapus
  6. Masya Allah sangat bermanfaat bgt huhuu, mau bgt file nyaaaa. Ini emailnya : yuniys854@gmail.com

    BalasHapus
  7. Subhanallah keren dan bermanfaat sekali pak... mau atuh filenya pak berikut email saya diannurulqolbi2302@gmail.com

    Matursuwun pak

    BalasHapus
  8. Masya Allah terus berkarya Pak Fikri, kami tunggu permainan selanjutnya semoga Allah memudahkan langkah bapak dan memberi Pahala yg tak terbatas. Jika berkenan mohon dikirimkan filenya nindamawarrianti@gmail.com. maturnuwun

    BalasHapus
  9. Masya Allah, sangat menarik sekali sepertinya. Baru membaca penjelasan bermainnya saja sudah tergambarkan keseruan yg akan dirasakan saat memainkan ular tangga PADEDI ini.

    Saya membutuhkan filenya pak, berikut alamat email saya fatmamuzakki@gmail.com

    Terimakasih dan semangat berkarya terus pak🙏

    BalasHapus
  10. keren pak fik, saya tertarik untuk memainkan game ini. jika berkenan mohon dikirimkan ke alamat ajengfauziah051@guru.sma.belajar.id

    BalasHapus
  11. Mohon maaf pak, jika berkenan saya mau file nya pak🙏 ini email saya wahyunidevina70.@gmail.com

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Mohon maap pak, jika berkenan Saya ingin file nya pak untuk mencoba permainan ini 🙏
    Fidiafitri694@gmail.com

    BalasHapus
  14. Pak bila berkenan saya ingin file nya. Ini email saya pak lthfhnsy@gmail.com

    BalasHapus
  15. Masyallah sangat bermanfaat pak, mohon izin untuk meminta filenya auliyakamalr@gmail.com

    BalasHapus
  16. Permisi pak, izin ikut berkomentar karena merasa ini sangat bermanfaat sehingga saya tertarik dan ingin mencoba permainan ini kepada siswa di sekolah. Jika berkenan saya juga ingin meminta permainan ini. Berikut alamat email saya: rizkiah7@gmail.com

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak 🙏🏾

    BalasHapus
  17. Mohon maaf pak fikri, jika berkenan saya tertarik untuk menggunakannya di sekolah bersama siswa. Berikut email saya winaaulyamunawar@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  18. Saya juga mau pak kalau bisa. Email saya : riamurtinasar55@gmail.com

    BalasHapus
  19. Sangat menarik kang, wajib di coba. Mohon minta dikirim juga kang dwiwahyuniapriyanti@gmail.com
    Hatur nuhun sateuacanna

    BalasHapus
  20. Bagus sekali.. jika berkenan mohon dikirimkan juga pak ke email saya: issrimadanti@gmail.com

    BalasHapus
  21. Waaah menarik, harus ini dipakai sebagai inovasi media dalam layanan BK, jika berkenan ingin paa saya dikirimkan ke email maulida.aulia80@gmail.cm

    BalasHapus
  22. Mohon izin untuk dikirimkan ke email saya juga pak. Terima kasih sebelumnya. fiqih.maisaroh@gmail.com

    BalasHapus
  23. Keren banget, sangat membantu dan sangat bermanfaat. Luar biasa, selalu d berkati dan lancar rejekinya.
    Kalau boleh saya d krimkan kak. ffatriciamegasari@gmail.com

    BalasHapus
  24. Sangat keren bermanfaat dan menarik sekali untuk di praktekan di kls.. veranurfajriah91.vn@gmail.com

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Hebat! Sangat menarik, kl boleh sy tertarik ingin coba,
    decyputrinurbani@gmail.com

    BalasHapus
  27. Sangat bermanfaat sekali, jika berkenan untuk mengirimkannya ke email saya vivisripertiwi@student.upi.edu terima kasih banyak

    BalasHapus
  28. Semangat pa fikri, ditunggu inovasi selanjutnya.
    Btw aku minta yaa megafitri99@gmail.com
    nuhuun

    BalasHapus
  29. Keren sekali pak, mohon maaf jika berkenan untuk mengirimkannya ke email saya ainiyyatulmardliyyah19@gmail.com

    BalasHapus
  30. Keren sekali pak, mohon maaf jika berkenan untuk mengirimkannya ke email saya citrawandari@gmail.com terimakasih sebelumnya pak

    BalasHapus
  31. Masya Allah terus berkarya Pak Fikri, kami tunggu permainan selanjutnya semoga Allah memudahkan langkah bapak dan memberi Pahala yg tak terbatas. Jika berkenan mohon dikirimkan filenya, email saya : siti.mastoah07@gmail.com

    BalasHapus
  32. Masya Allah menarik sekali dan sangat menginspirasi. Semoga Bapak berkenan untuk mengirimkan ke email saya gputrimareta@gmail.com terima kasih.

    BalasHapus
  33. Masya Allah keren banget, bapak satu ini sangat menginspirasi. Semoga Bapak berkenan untuk mengirimkan ke email saya arjuna.arrizaldwi96@gmail.com

    BalasHapus
  34. Keren sekali, Pak Fikri 👍👍
    Kalau berkenan, saya juga mau dikirimkan filenya, Pak. Email saya nidamsrh@gmail.com. Terima kasih banyak, Pak. 🙏

    BalasHapus
  35. Kreatif bangeeeeet.sangat tertarik untuk diimplementasikan ke anak2. Kalau berkenan mau dikirimkan juga seperti kawan2 yg lain pak. Ke email bksmpalkausar@gmail.com terima kasihh

    BalasHapus
  36. Mohon maap pak, jika berkenan Saya ingin file nya pak untuk mencoba permainan ini 🙏 ini email saya Pak nazlirustian@gmail.com

    BalasHapus
  37. Sangat inspiratif sekali pak, jika berkenan saya ingin dikirimkan filenya. Email saya Dealeonita1997@gmail.com
    Terimakasih pak 🙏

    BalasHapus
  38. Keren sekali pak, sangat menginspirasi khususnya kami guru bk yang baru bergabung didunia pendidikan. Jika berkenan saya ingin dikirimkan file nya pak ke alamat email saya verawatihabiba@gmail.com. Terimakasih pak

    BalasHapus
  39. Sangat menginspirasi dan menarik untuk dipraktekkan langsung ke siswa. Saya mau dikirim filenya ke Gmail saya pak. Alamat email: rahmayani979@gmail.com

    BalasHapus
  40. Sangat mengedukasi untuk siswa pak, mohon kiranya bisa di share permainan ular tangganya pak : ikunmubarokah11@gmail.com

    BalasHapus
  41. Sangat keren sekali pak permainan nya, saya ingin file nya langsung dri bapak, jika berkenan bisa dikirimkan ke email saya pak dila.maulfi07@gmail.com

    Terima kasih pak

    BalasHapus
  42. Assalamu'alaikum.
    Saya ingin file game yg sangat mengedukasi siswa. Email sy fannynurhanifa@gmail.com
    Terima kasih pa. Semoga segala urusan bp di mudabkan oleh Allah. Semoga selalu menginspirasi 🙏

    BalasHapus
  43. Hallo selamat siang Pak/Creator. Saya tertarik dengan medianya.. jika berkenan boleh tolong dikirimkan esterna.kuliah@gmail.com

    BalasHapus
  44. sebelumnya perkenalkan saya Muhamad Afdal, Mahasiswa Bimbingan dan Konseling dari UNJ. Saya sangat tertarik dengan Media BK yang bapak bagi. Jika berkenan Saya izin untuk menggunakan media ini sebagai bahan dalam pembelajaran mata kuliah Saya. Email saya afdalm056@gmail.com

    BalasHapus

Posting Komentar