#6 TIDUR BERMAKNA


Tak jarang dalam kuliah mengalami rasa lelah. Sudah sehari semalam mengerjakan tugas pasti banyak yang esoknya pada saat kuliah terkantuk lelah. Hal itu ku alami pula dalam kelas. Aku terkenal dengan mahasiswa yang suka tidur di kelas. Nundutan menjadi bagian dari perjalanan akademikku. Hampir satu kelas tau bahwa Aku suka tertidur dalam beberapa mata kuliah. Terlebih, ada satu mata kuliah yang sebenarnya Aku sangat menyukai tapi entah mengapa tertidur sekejap.
Saat itu sedang mata kuliah filsafat pendidikan. Aku selalu bersemangat. Duduk di depan semata ingin dekat dengan aura Prof itu. Saat itu Aku bertanya mengenai filsafat pendidikan. Mindlessness satu kata yang dibahas selama satu semester. Saat aku bertanya, Aku tertidur. Dan saat Aku tertidur, Prof itu menjawab pertanyaan dariku. Sayangnya Aku tertidur. Dan sang Prof itu menepukku dan berkata “Yang nanya nya saja tidur”.  Sontak teman-teman sekelasku menertawaiku.
Tidur bermakna. Sebutanku untuk kejadian saat itu. Entah mengapa, Aku merasakan banyak hal setelah mengikut kuliah itu sambil tertidur. Mulai dari bertambahnya rasa cintaku terhadap dunia pendidikan hingga memahami pendidikan secara mendalam. Semangatku untuk membaca buku pendidikan semakin terasa. Aku masih ingat buku-buku tentang menggugat pendidikan dari Ivan Illich dengan konsep deschooling, Paulo Freire dengan pedagogy of oppressed, Ki Hadjar Dewantara dengan Taman Siswa dan Tri Pusat Pendidikan, John Dewey dengan pendidikan progresifnya serta buku-buku filsafat pendidikan yang mampu menghantarkanku pada gerbang kecintaan terhadap dunia pendidikan.
Tidur bermakna itu dirasakan sebagai pengalaman yang mampu mendekatkanku pula dengan Prof itu. Prof yang menurut beberapa orang kontroversial, namun bagiku beliau adalah sosok-sosok pendobrak status quo dan sosok yang mampu membuka pikiran-pikiran baru yang mencerahkan. Namun sayangnya, gagasan beliau tak banyak didukung dan dilihat sebagai ancaman.
Bagiku tidur bermakna itu tak bisa dilupakan. Sama halnya seperti apa yang aku dapatkan selama tidur itu. Kecintaan terhadap dunia pendidikan.

Komentar

Postingan Populer