Sebuah Gagasan : KONSELING BOX

Dimulai dengan tulisan pertama di blog ini, mencoba meyakinkan diri supaya bisa konsisten merawat dan senantiasa mengupdate blog (karena tiap bikin blog ga pernah diurusin). Nah, saya ingin memulai blog ini dengan sebuah gagasan. Karena background saya adalah bimbingan dan konseling (BK), ada gagasan yang muncul dari sebuah keresahan. Realitas tentang Guru Bimbingan dan Konseling yang hari ini masih dibingungkan dengan berbagai urusan pekerjaannya. Administrasi BK, layanan bimbingan, layanan konseling, kesejahteraan, jumlah jam yang masih belum sesuai antara kebijakan dan praktik di lapangan, dan yang paling penting adalah inovasi BK. Nah dalam gagasan ini, saya akan memulai dengan sebuah inovasi. 

Terinspirasi dari teacherspayteachers, saya terbayang kalau di Indonesia ada platform, media untuk guru BK se-Indonesia bisa saling berbagi. Berbagi media pembelajaran BK, berbagi pengalaman dan cerita selama menjadi guru BK, berbagi ide-ide guru BK di setiap sekolah maupun luar sekolah, menghubungkan dosen-dosen di perguruan tinggi dengan guru-guru yang belum sempat untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi, intinya sebuah wadah untuk guru BK bisa mengembangkan diri melalui dunia digital. Karena saya yakin, setiap guru BK rindu akan perubahan, resah akan situasi yang sulit berubah dengan kondisi zaman yang semakin maju.

Era revolusi industri 4.0 menjadi tolak ukur bahwa dunia bimbingan dan konseling pun harus lebih maju. Dengan keunggulan teknologi masa kini, sudah seharusnya guru BK didekatkan dengan teknologi informasi, layanan-layanan pun sudah harus dimulai berbasis IT. Berkas administrasi menumpuk, masalah-masalah siswa yang tak kunjung selesai, kerjasama eksternal guru BK, sepertinya akan membantu jika sudah banyak yang berbasis IT. Bolehjadi suatu saat ada sebuah portal guru BK untuk bisa mengisi data siswa secara online (namun tetap dijaga kerahasiaannya), input data konseling online, konseling online, bimbingan online.

Tapi, untuk memulai cita-cita besar itu saya mau memulai dengan membuat blog. blog pribadi yang lebih mengedepankan konten-konten bimbingan dan konseling. Bisa soal pengalaman, ide, gagasan, media, dan hal-hal lainnya yang dapat bermanfaat untuk guru bimbingan dan konseling lainnya. Sebenarnanya sudah banyak guru BK yang membuat blog seperti contohnya mintotulus.wordpress.com, Nah terinspirasi dari beliau pula ingin berkontribusi sebagai guru BK yang aktif ngeblog.

Value
lebih dari blog yang akan saya coba bagikan lebih fokus terhadap ide-ide baru mengenai ke-BK an, update keilmuan bimbingan dan konseling, pengalaman menjadi guru BK, dan media BK. Jika sudah berkembang, ingin sekali membuat aplikasi android yang akan menjadi wadah guru BK untuk berbagi ide-ide kreatif layanan BK yang bisa diadopsi atau diadaptasi guru BK di sekolah yang lainnya, juga bagian dari kontribusi untuk pengembangan MGBK di Indonesia.

Selayaknya sebuah box, terdapat sebuah ruang dalam satu wadah. Maka konselingbox ini menjadi wadah untuk menemukan hal-hal baru yang akan memberikan manfaat bagi guru-guru bimbingan dan konseling khususnya, umumnya untuk para pendidik lainnya.


Intinya, saya ingin sama-sama bergerak.
ingin sama-sama mencerahkan.
ingin sama-sama berbagi.
ingin sama-sama memajukan.
pendidikan Indonesia.
menuju cita-cita bangsa, mencerdaskan kehidupan bangsa.


Bandung, 27 Februari 2019
Fikri Faturrahman

Komentar

Postingan Populer